[BUKU] Jaminan Kesehatan Universal dan Pemenuhan Hak Kesehatan

Buku kecil yang berupaya memberikan pemahaman dasar mengenai universal health coverage (jaminan kesehatan universal) dan implementasinya di Indonesia. Saya menggunakan kata ‘universal’, bukan ‘semesta’ atau ‘nasional’ untuk membedakan antara prinsip dan teknis implementasi. Ditulis di tahun 2013, buku ini masih membahas persiapan Indonesia menuju implementasi Jaminan Kesehatan Nasional dan belum banyak membahas teknis implementasi dan problematikanya. Semoga mencerahkan.

Sinopsis

Setelah implementasi di banyak negara berpendapatan tinggi, implementasi jaminan kesehatan universal (JKU) menjadi tren di banyak negara dengan pendapatan rendah dan sedang, termasuk Indonesia. Bahkan, beberapa negara, seperti Thailand, telah menunjukkan kemajuan yang signifikan dan menjadi contoh bagi negara berkembang lain. Upaya ini tidak hanya didasari pada tren dan ‘kewajiban’, namun juga didasari pada faktor kebutuhan perbaikan status kesehatan masyarakat. JKU, dengan beragam perspektif dan pendekatannya, diharapkan mampu menjadi strategi ampuh bagi perbaikan kesehatan masyarakat. 

Pada tiga bab pertama, buku ini memberikan pemahaman mendasar mengenai JKU, kesehatan dan hak kesehatan, serta politik dan desentralisasi yang mungkin menjadi isu perancu dalam upaya pencapaian JKU dan pemenuhan hak kesehatan. Dalam diskusi mengenai konsep dasar tersebut, buku ini juga menampilkan beberapa pengalaman dan bukti dari beberapa negara yang juga telah dan tengah berpacu memenuhi JKU dan hak kesehatan masyarakatnya. Buku ini membahas pula secara singkat contoh praktis HITAP, institusi independen di Thailand yang dibentuk setelah reformasi layanan kesehatan untuk mengkaji teknologi kesehatan, kemajuan beberapa negara berkembang dalam menurunkan inekuitas, dan beberapa kasus hukum dan politik. Buku ini juga mengajukan kasus Indonesia dalam upayanya mencapai JKU dan merealisasikan hak kesehatan. Indonesia merupakan negara berkembang terkemuka dengan luas wilayah geografis dan sumber daya yang besar serta variasi etnik yang dapat memengaruhi realisasi progresif hak kesehatan dan pencapaian JKU. Sebagai sebuah negara berkembang yang besar, pengalaman dari Indonesia akan memberikan pelajaran berharga bagi negara berkembang lainnya, termasuk beberapa negara tetangga yang juga masih berjuang dalam mencapai JKU.
Jaminan kesehatan universal dan pemenuhan hak kesehatan
Penulis : Ahmad Fuady
Penerbit : Badan Penerbit FKUI
Jumlah halaman : 173 + xii
Unduh
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s