aafuady.com

Pandemi Multirupa

Pandemi ini sudah melintasi batasnya dari pertarungan melawan virus belaka menjadi pandemi krisis ekonomi, pendidikan, bahkan politik.  

Benarkah Covid Menular Lewat Udara?

Banyak yang bertanya apakah benar virus corona Sars-Cov2 ini sekarang sudah bermutasi menjadi lebih ganas dan dapat menular lewat udara bebas? Bagaimana bukti ilmiahnya dalam laporan-laporan yang dipublikasikan? Setujukah dengan rekomendasi WHO terakhir terkait hal ini? Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) sudah mengeluarkan surat himbauan terkait hal tersebut. Silakan unduh di sini: Surat Himbauan PDPI Update… Lanjutkan membaca Benarkah Covid Menular Lewat Udara?

Membuka Kembali Sekolah: Strategi Alternatif

Membuka kembali aktivitas sekolah bukanlah keputusan yang mudah. Polarisasi kepentingan dan pendapat sangat mungkin terjadi. Di satu sisi, menutup sekolah dapat memperlambat dan menurunkan risiko transmisi penyakit pada anak-anak. Tetapi, dengan telah dilonggarkannya mobilisasi penduduk secara umum, risiko itu sebenarnya tetap tinggi meskipun sekolah ditutup. Berdasarkan asumsi ilmiah, transmisi COVID-19 pada anak justru lebih banyak… Lanjutkan membaca Membuka Kembali Sekolah: Strategi Alternatif

COVID-19 pada Anak Usia Sekolah: Waswas?

Menjawab soal kapan sekolah dibuka kembali dan kapan harus ditutup adalah persoalan yang sangat sensitif. Ini bukan hanya persoalan makroekonomi, kesenjangan antar kelompok masyarakat – yang keduanya terasa amat jauh dari kehidupan sehari-hari banyak orangtua. Persoalan ini justru seringkali menyangkut kekhawatiran orang tua terhadap keselamatan anak-anaknya. Tak ada orangtua yang dapat dengan tenang melepas anak-anaknya… Lanjutkan membaca COVID-19 pada Anak Usia Sekolah: Waswas?

COVID-19, Penutupan Sekolah, dan Krisis Sosial

Semenjak COVID-19 menyebar hampir ke seluruh penjuru dunia, banyak negara mengambil langkah cepat untuk menghambat transmisi penyakit dengan membatasi mobilitas manusia. Salah satu yang kerap dilakukan adalah menutup sekolah – dan anak-anak menjadi populasi terdampak karena strategi ini. Tujuan awalnya sebenarnya jelas: transmisi diperlambat dan beban layanan kesehatan ditahan agar tidak katastrofik.[1]

Obat COVID-19, Overclaim, dan Politik Kabar Baik

Dosa para politikus adalah memproduksi kebijakan yang serampangan. Dosa para saintis adalah mengklaim hasil penelitiannya – bahkan persona dirinya – secara berlebihan.