aafuady.com

GeNose, Ivermectin, dan Sains Anak Tiri

‘Man behind the gun‘ menjadi sangat kontekstual dalam kebijakan mengatasi pandemi. Dan, sayangnya, para saintis tidak memiliki banyak kesempatan berada di belakang senjata yang ia poles sendiri. Diskusi mereka membising sendiri. Tidak ada kuasa untuk meluruskan penggunaan yang membengkok.   Ahmad Fuady — Dokter, Peneliti, Tukang Komentar Jum’at, 25 Juni 2021   Di tengah jumlah… Lanjutkan membaca GeNose, Ivermectin, dan Sains Anak Tiri

Populisme Vaksin

Vaksin Nusantara terus melenggang meski diterpa banyak penolakan. Bahkan, Terawan Agus Putranto dengan sangat demonstratif memeragakan cara pembuatannya di depan anggota DPR meski uji klinisnya memantik kontroversi. OlehAHMAD FUADY Dimuat di Harian KOMPAS, 24 Juni 2021 Vaksin Nusantara terus melenggang meski diterpa banyak penolakan. Bahkan, Terawan Agus Putranto dengan sangat demonstratif memeragakan cara pembuatannya di… Lanjutkan membaca Populisme Vaksin

Indonesia’s big gamble: COVID-19 Vaccination strategy

Can vaccines really be the weapon and life saver for the people of Indonesia? Up until now, it’s anybody’s guess.

Pertaruhan Besar Indonesia: Strategi Vaksinasi COVID-19

Apakah vaksin benar-benar dapat menjadi senjata ampuh dan menyelamatkan manusia Indonesia? Sampai detik ini, belum ada yang tahu pasti jawabannya.   

Problematika Vaksin Covid-19

Kunci utama pengendalian pandemi berasal dari kepercayaan publik. Pekerjaan rumah pemerintah mengomunikasikan semua hal terkait penanganan pandemi ini dengan jernih dan transparan, tak perlu ada informasi yang ditutupi. Ahmad Fuady (Kompas, 17 Desember 2020)

Vaksin dan Hal-Hal yang Belum Selesai (Bagian-2)

Jika vaksin COVID-19 diberikan kepada mereka kelompok muda tak berisiko tinggi, apa manfaatnya dalam pengendalian pandemi di Indonesia? Bukankah ini seperti menabur garam di lautan?