aafuady.com

Kegagalan Kapitasi

Dimuat dalam kolom Opini KOMPAS, 23 April 2018 Ahmad Fuady   Awal Februari 2018, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan terhadap Bupati Jombang dengan dugaan penerimaan suap dari dana kapitasi. Kasus ini bukan yang pertama terjadi. Bahkan, dengan besaran dana mencapai Rp 13 triliun, Indonesia Corruption Watch (ICW) mengindikasikan potensi pungutan liar dana… Lanjutkan membaca Kegagalan Kapitasi

Sumbat Komunikasi Dokter Layanan Primer

Dua hal besar dalam pergolakan ini yang harus ditekan: ketergesa-gesaan dan kekhawatiran terhadap perubahan. Perubahan tidak dapat disangkal sebagai sebuah keniscayaan pada zaman yang melaju begitu cepat. Namun, keterburu-buruan untuk berubah hanya akan mengosongkan hasil. Ketakutan dan kekhawatiran kita pada perubahan, di sisi yang lain, juga tidak akan membuat kita beranjak dari manapun. Jumud.  

Dokter Layanan Primer dan Jebakan Spesialis

JKN sesungguhnya tengah menyadarkan apa yang sebenarnya perlu dilakukan untuk kembali kepada filosofi layanan kesehatan yang ideal, terlepas dari berbagai kekurangan teknis yang masih belum konsisten antara konsep dan praktik. Penguatan layanan primer penting dan sangat dibutuhkan. Pertanyaan mutakhirnya kemudian, “Apakah dibutuhkan ‘spesialis’ baru di layanan primer yang dapat menunjang perbaikan sistem secara menyeluruh?”

Revisiting the ‘Jakarta Sehat’ scheme

Tulisan saya di The Jakarta Post tentang Jakarta Sehat. Semoga bermanfaat. Revisiting the ‘Jakarta Sehat’ scheme Ahmad Fuady, Jakarta | Opinion | Sat, March 05 2016, 9:31 AM Creating a healthier Jakarta through the Kartu Jakarta Sehat (Jakarta Health Card) program has run beyond the card, which focused more on coverage at the beginning. Jakarta… Lanjutkan membaca Revisiting the ‘Jakarta Sehat’ scheme

BPJS Pascafatwa MUI

Ini adalah tulisan Opini Saya di Harian Republika, menanggapi maraknya diskusi mengenai status BPJS yang diinterpretasikan sebagian masyarakat sebagai ‘haram’. Semoga mencerahkan.

Will everybody smile?

Tulisan saya menyambut pelaksanaan Sistem Jaminan Kesehatan (JKN) dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Diterbitkan di Harian The Jakarta Post pada Jum’at, 3 Januari 2014. Silakan disimak, dikomentari, dikritik, atau disebarluaskan.